Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Waspada! Tips Terhindar dari Serangan Hacker Akun Instagram

Tips Terhindar dari Hacker Instagram

Instagram termasuk media sosial paling populer saat ini. Total penggunanya di seluruh dunia mencapai 2 miliar orang. Sayangnya, kepopuleran ini ikut berdampak negatif terhadap keamanan privasi pengguna. 

Tips Terhindar dari Serangan Hacker Akun Instagram

Medsos ini menjadi sasaran peretas atau hacker untuk mencuri data pemilik akun. Terus, bagaimana cara terhindar dari serangan peretas akun Instagram? Simak tipsnya berikut ini!

1. Ganti Kata Sandi

Akun Instagram yang mengandung kata sandi lemah merupakan sasaran empuk serangan hacker. Ciri-ciri kata sandi lemah, yaitu tanggal lahir, nama orang terdekat, atau berbagai hal yang berkaitan langsung dengan pemilik akun.

Jika Anda termasuk pemilik akun dengan kata sandi lemah seperti di atas, Anda disarankan untuk segera menggantinya dengan sandi lebih rumit. Pastikan kata sandi terdiri dari perpaduan huruf kapital, huruf kecil, angka, dan simbol. Makin rumit password akun Anda, makin sulit diretas.

2. Biasakan Lakukan Logout

Kebiasaan kedua yang menjadi celah serangan hacker akun Instagram adalah malas melakukan logout akun, terutama usai mengakses Instagram menggunakan ponsel atau laptop orang lain. Mungkin terdengar sepele, tetapi kebiasaan buruk ini sangat berbahaya terhadap keamanan akun Instagram Anda.

Jika Anda langsung menutup akun tanpa logout terlebih dahulu, pemilik laptop atau ponsel yang Anda pinjam bisa secara sengaja ataupun tidak sengaja mengakses akun Anda saat hendak mengakses aplikasi Instagram. 

3. Manfaatkan Fitur Keamanan Two-Factor Authentication

Salah satu fitur keamanan yang diciptakan penyedia aplikasi Instagram, yaitu two-factor authentication. Fitur ini bisa Anda gunakan untuk mengamankan dan mencegah akun Instagram diretas hacker.

Fitur ini membentuk keamanan berlapis pada akun Instagram. Jika kata sandi berhasil dibobol, fitur ini akan mencegah akun Anda berpindah tangan. Mekanisme kerjanya, yaitu menyediakan kode rahasia yang hanya dikirimkan ke nomor ponsel pribadi Anda. 

Pada saat Anda atau peretas hendak login, selain harus entri kata sandi, fitur ini akan meminta autentikasi menggunakan kode rahasia yang hanya Anda mengetahuinya. Jika Anda belum mengaktifkan fitur keamanan ini, segeralah lakukan sekarang juga!

4. Hindari Ajakan Menyimpan Kata Sandi

Anda mungkin pernah menemukan ajakan menyimpan kata sandi usai mengakses media sosial atau situs penting lain yang berisi data pribadi Anda. Ajakan ini biasanya muncul saat menggunakan browser pada perangkat laptop atau komputer.

Sebenarnya, ajakan ini merupakan tips untuk membantu Anda tak perlu repot mengingat kata sandi saat hendak login kembali. Tetapi tanpa disadari hal tersebut bisa menjadi celah masuk peretas untuk mencuri kata sandi yang tersimpan di browser.  

Mulai sekarang sebaiknya jangan pernah menggunakan fasilitas simpan kata sandi ini, baik untuk login ke akun medsos Anda atau situs penting lainnya.

5. Amankan Email Anda

Mengamankan akun Instagram belum cukup jika akun email Anda memiliki keamanan yang lemah. Email biasanya diperlukan saat Anda login ke semua akun media sosial atau aplikasi penting lainnya. Jika hacker mudah masuk ke email Anda, ia pun mudah membobol akun medsos dan aplikasi berisi data pribadi Anda.

Pastikan Anda mengamankan akun email dengan kata sandi yang rumit serta autentikasi dua faktor. Jangan lupa untuk pantau informasi yang masuk di email terkait keamanan akun. Jika ada perubahan kata sandi yang mungkin dilakukan peretas, Anda akan mudah mengetahuinya dan melakukan langkah perbaikan.

6. Ubah Setelah Akun Instagram Menjadi Privat

Memiliki banyak pengikut menjadi dambaan banyak pemilik akun Instagram. Akan tetapi, tidak sedikit dari pengikut ini hanya ingin memata-matai akun Anda, bahkan peretas mungkin juga ada di dalamnya. Mereka sedang mencari celah untuk mencuri data Anda.

Atasi kemungkinan ini dengan mengubah setelan akun Instagram dari public menjadi privat. Setelan privat akan membantu Anda menyortir siapa saja yang diizinkan untuk mengikuti akun Instagram Anda. Pastikan pengikut akun adalah orang yang sudah Anda kenal atau Anda percayai.

7. Seleksi Akses ke Pihak Ketiga

Saat ini, penggunaan aplikasi pihak ketiga dengan berbagai persyaratan kian menjamur. Syarat yang biasanya diminta, yaitu izin akses data milik Anda di Instagram dan akun media sosial lainnya. Sayangnya, kesempatan ini membuka lebih besar peluang bagi para penipu untuk mencuri data pribadi.

Waspadalah! Pastikan untuk menyeleksi ketat aplikasi pihak ketiga yang bisa dipercaya dan diberi izin. Jika Anda ragu, jangan segan-segan untuk mencabut izin akses tersebut jika sudah terlanjur diberikan. Lakukan langkah cabut akses melalui fitur pengaturan.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk melindungi akun Instagram dari serangan hacker. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Waspada! Tips Terhindar dari Serangan Hacker Akun Instagram"