Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Tips Memilih Modem Wifi Terbaik dan Lebih Awet


Modulator Demodulator Wireless Fidelity (Modem wifi) sudah menjadi kebutuhan manusia zaman modern. Ini merupakan media yang mampu menghubungkan perangkat elektronik seperti smartphone dan laptop dengan jaringan internet secara nirkabel (tanpa kabel). Bentuknya yang portable memungkinkan pengguna bisa membawanya ke mana saja. 

Tips Memilih Modem Terbaik

Makin besar kebutuhan manusia untuk selalu terhubung dengan jaringan internet, makin membuat media ini menjelma jadi kebutuhan pokok yang selalu dicari. Terus, bagaimana cara memilih modem terbaik dan awet? Perhatikan tips penting berikut ini.

1. Sesuaikan dengan Provider Jaringan Seluler

Langkah pertama sebelum membeli modulator demodulator wifi adalah melakukan survei kekuatan provider. Pastikan jaringan operator seluler yang tersedia di wilayahmu memiliki kualitas yang bagus. Ini perlu diperhatikan karena setiap wilayah memiliki kekuatan internet yang berbeda-beda.

Bisa saja di wilayah A jaringan internet Telkomsel paling kuat, tetapi di wilayah B malah jaringan Tri yang unggul.  Saat ini, ada banyak provider jaringan internet yang bisa kamu pilih. Carilah yang kekuatan sinyalnya paling kencang.

2. Perhatikan Kecepatan Akses Internet

Perhatikan dengan baik bagaimana kecepatan akses internet yang ditawarkan modem incaranmu. Untuk GSM, pilih kecepatan paling tinggi, yaitu 4G LTE. Sementara itu, untuk CDMA, pilih modem yang menawarkan kecepatan paling tinggi juga. Makin cepat akses internet, makin menunjukkan kualitas modem tersebut.

3. Pilih Merek yang Sudah Dikenal

Bukan perkara mudah untuk menemukan modem dengan kualitas terbaik. Saat ini ada banyak produk modem dijual dengan penawaran menggiurkan. Akan tetapi, tidak semua produk itu terjamin kualitasnya. 

Supaya tidak salah pilih, saran terbaik adalah pilihlah modem yang mereknya sudah dikenal. Ada banyak produk modem berbagai brand terkenal di pasaran saat ini. Kamu bisa memilih di antara merek tersebut.

Produk yang sudah dikenal mereknya menawarkan kualitas produk serta layanan konsumen yang bisa kamu manfaatkan jika ada masalah di kemudian hari.

4. Jangan Pilih yang Cepat Panas

Modulator demodulator wifi yang cepat panas tidak akan bertahan lama dan gampang rusak. Pilihlah modem yang tahan panas. Perhatikan dengan teliti spesifikasi yang tertera pada produk tersebut sebelum membeli.

Selain membuat modem cepat rusak, panas yang dihasilkan produk bisa menurunkan kualitas internet, hingga putus total.

5. Pilih Produk yang Bisa Pakai Semua Provider

Di pasaran, modem tersedia dalam dua jenis. Ada yang hanya mengizinkan penggunaan satu jenis SIM card, tetapi ada juga yang bisa gonta-ganti kartu. Pilihlah yang bisa menggunakan lebih dari satu provider.

Produk modem ini dinilai paling bagus karena bisa menyesuaikan lokasi. Jika sedang berada di wilayah lemah sinyal internet, modem bisa diganti dengan SIM card dari provider lain yang memiliki sinyal paling bagus.

Rekomendasi Jenis Modem Wifi Kualitas Terbaik

Berikut ini adalah rekomendasi modem dengan kualitas terbaik yang bisa kamu pilih untuk menunjang aktivitas selancar di dunia maya.

1. Huawei E5172

Keunggulan produk modulator demodulator wifi ini terletak pada penggunaan SIM card dari berbagai provider jaringan seluler. Untuk beroperasi, modem ini tersedia dalam berbagai jaringan, yaitu 2G, 3G, dan 4G LTE. 

Beroperasi pada kekuatan frekuensi 2.300 MHZ memastikan modem ini bisa menghasilkan internet dengan kecepatan tinggi. Satu modem bisa terhubung sampai dengan 32 pengguna sekaligus.

Produk ini bisa diperoleh dengan kisaran harga Rp925.000-Rp1.059.000

2. Super Modem S1 Smartfren

Produk modem ini didukung dengan teknologi tinggi CAT 7 dan chipset Qualcomm MDM9307. Dua kekuatan ini mampu menghasilkan akses internet 4G+ yang diklaim super cepat. Produk ini juga bisa diakses hingga 32 pengguna dalam waktu bersamaan. Kecepatan download menggunakan modem ini bahkan mencapai 225 Mbps.

Produk ini bisa dibeli dengan kisaran harga Rp2.800.000-Rp3.525.700

3. Smartfren Andromax M3Y

Inilah modem milik Smartfren yang paling laris sehingga terus diproduksi hingga saat ini. Mengusung teknologi CAT 4, produk ini beroperasi pada jaringan 4G LTE dengan akses internet mumpuni.

Dilengkapi Chipset Qualcomm MDM 9307, Smartfren Andromax M3Y memiliki wifi hingga 2.4 Ghz. Berbekal fitur wireless storage, pengguna dipermudah untuk berbagi file. Baterai berkekuatan 3.000 mAh yang ditanamkan di dalamnya membuat produk ini bisa bertahan lebih lama.

Produk modem ini dijual di kisaran harga Rp499.000-Rp775.500.

Itulah beberapa tips dan rekomendasi produk yang bisa kamu manfaatkan sebelum memutuskan untuk membeli modulator demodulator wifi. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "5 Tips Memilih Modem Wifi Terbaik dan Lebih Awet"