Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Podcast dan Cara Memulainya untuk Pemula

Belakangan ini kita sering mendengar kata podcast. Produk digital ini berisi konten audio yang bertujuan untuk mengedukasi, menghibur dan memberikan informasi kepada penikmatnya. Lalu, apa saja pengertian dan bagaimana tips memulainya? Yuk, simak lebih lanjut!

Pengertian Podcast Menurut Sejarah

Sejarah awal munculnya kata ini dimulai ketika ada fitur siaran dalam bentuk audio yang hanya bisa dinikmati melalui perangkat iPod. Siaran audio layaknya radio ini berisi rekaman yang membahas topik-topik tertentu oleh seorang penyiar. Orang kemudian menyebut siaran ini dengan nama ipod broadcast yang kemudian disingkat menjadi podcast.

Pengertian Podcast Menurut KBBI Online

Kalau ditanya apa itu podcast? Bahasa Indonesia memberikan sinonim siniar. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) online, siniar memiliki arti siaran dalam bentuk berita, musik, dan lain sebagainya yang dibuat dalam format digital baik audio maupun video dan diunduh melalui internet. Sayangnya, pengertian ini masih jarang digunakan. 

Perbedaan dengan Radio

Podcast atau siniar memiliki kesamaan dengan radio, yaitu konten siarannya berbentuk audio. Perbedaan paling mencolok terletak pada cara penyajiannya. Untuk menikmati siaran radio, kita harus mengikuti jadwal yang telah ditentukan penyiar. Sementara siniar bisa dinikmati pendengar kapan pun sesuai selera.

Setelah mengetahui pengertiannya, berikut ini langkah-langkah membuat siniar menarik bagi seorang pemula.

Cara Memulai Podcast 

1. Siapkan Berbagai Alat yang Diperlukan

Sebagai pemula, Anda tidak perlu menyediakan alat-alat yang mahal untuk memproduksi sebuah podcast. Anda cukup menyiapkan laptop dan mikrofon. 

Untuk mikrofon, Anda hanya perlu manfaatkan fitur mikrofon yang tersedia di ponsel pintar, atau membeli mikrofon yang banyak tersedia saat ini. Jika Anda punya cukup dana, tak ada salahnya menambahkan sound mixer dengan harga terjangkau. Mixer ini berguna untuk menghasilkan suara yang lebih bagus dan jernih.

Laptop diperlukan untuk proses produksi materi siaran yang sudah direkam sebelumnya. Jangan lupa untuk mengunduh terlebih dahulu aplikasi edit audio. Semua proses produksi mulai dari edit audio hingga mengunggah materi bisa dilakukan melalui laptop yang Anda miliki. 

2. Tentukan Topik dan Susun Naskah Siaran

Hal paling penting untuk membuat podcast adalah menentukan topik yang ingin diangkat dan menyusun naskah siaran.

Sebagai pemula Anda tidak perlu bingung memilih topik bahasan. Anda bisa membahas tentang hobi, atau isu-isu yang sedang viral saat ini. Jangan lupa, susun secara terperinci pembahasannya dalam naskah siaran. Naskah ini akan memudahkan Anda menyampaikan materi siniar dengan rapi dan sistematis.

3. Rekam Suara

Setelah naskah siaran berisi topik yang akan dibahas tersusun rapi, kini saatnya Anda mulai merekam suara. Sampaikan materi sesuai dengan isi naskah. Awalnya, Anda mungkin akan sedikit gugup. Akan tetapi, jika dilatih terus-menerus, Anda akan mulai terbiasa menjadi penyiar yang berkualitas.

Jangan lupa untuk memilih lokasi yang tenang, jauh dari kebisingan. Hal ini penting dilakukan agar kualitas hasil rekaman bisa bagus. Pilihlah kamar atau buatlah studio sederhana yang kedap suara.

4. Lakukan Proses Editing Hasil Rekaman

Materi siaran yang sudah direkam kemudian diedit dengan menggunakan aplikasi atau software edit audio. Lakukan proses edit dengan rapi, misalnya memotong bagian-bagian tertentu, atau menambah musik untuk membuat pendengar menikmati siaran Anda.

Kenyamanan pendengar menjadi kunci berhasilnya siaran Anda. Pastikan proses edit dilakukan sebagus mungkin.

5. Mengunggah Materi Siaran yang Sudah Diedit

Materi podcast yang telah melalui proses editing kini siap untuk diunggah. Lokasi tempat Anda mengunggah materi disebut hosting podcast yang banyak tersedia saat ini. Anda tinggal memilih platform mana yang paling Anda sukai.

Di platform ini, rekaman siniar yang sudah diunggah tadi akan disimpan dan siap didistribusikan.

Beberapa platform hosting podcast terbaik saat ini yang bisa Anda pilih, yaitu:

  1. Simplecast
  2. Anchor
  3. Podcastics
  4. Ausha
  5. Soundcloud
  6. Buzzsprout
  7. Captivate
  8. Transistor
  9. Podbean
  10. Blubrry

Sepuluh platform di atas memang berbayar. Namun, untuk pemula, tersedia layanan uji coba gratis yang bisa Anda manfaatkan.

Apakah Anda sudah mulai tertarik untuk membuat podcast? Semoga artikel kali ini bisa menjadi inspirasi dan memberi masukan bagaimana cara mewujudkannya.

Posting Komentar untuk "Apa Itu Podcast dan Cara Memulainya untuk Pemula"